Mei 17, 2014

Tradisi Barzanji Sya'ban Masyarakat Bugis Wajo Tanjung Jabung Timur


M. Junaid, “Tradisi Barzanji Sya'ban Masyarakat Bugis Wajo Tanjung Jabung Timur”, Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 20, No. 1, 2005: 79-92.


SALAH SATU ritual atau acara keagamaan yang mentradisi dan berakar lama di Indonesia adalah pembacaan Barzanji yang dibacakan dalam peringatan ritual-ritual tertentu seperti syukuran hari kelahiran, maulid Nabi, dan lainnya. Tradisi ini juga ada dan berakar sangat dalam pada Masyarakat Bugis Wajo di Tanjung Jabung Timur. Tradisi pembacaan Barzanji ini dinamakan Barzanji Sya'ban yang pelaksanaannya dimulai dari awal bulan Sya'ban sampai berakhirnya bulan tersebut.

Pelaksanaan pembacaan Barzanji Sya'ban dilaksanakan oleh masyarakat suku Bugis Wajo di rumah warga yang mempunyai hajat. Tujuannya adalah memohon keselamatan dan diberikan rezeki oleh Allah SWT agar mereka dapat hidup damai dan tenteram.
Masyarakat suku Bugis Wajo yang sudah melaksanakan acara pembacaan Barzanji Sya'ban akan mempunyai perasaan yang lega karena janji yang sudah mereka ucapkan sebelumnya telah dilaksanakan. Biasanya, jika sudah melaksanakan niat mereka tahun ini, mereka akan berniat yang sama untuk tahun berikutnya.
______________
Dikutip dengan sedikit perubahan dari bagian “Kesimpulan”. Artikel lengkap dapat diunduh di sini.[]


0 komentar: